Post Top Ad

[TUGAS] SISTEM INFORMASI

Pengertian Sistem


Menurut   McLeod   (2001,p9),  sistem  adalah   sekumpulan  komponen­ komponen  yang  terintegrasi  dengan   maksud  yang  sama   untuk  mencapai   suatu tujuan.
Menurut   O'Brien  (2003,p8), sistem   adalah   sekumpulan  komponen  yang saling  berhubungan dan  bekerjasama untuk  tujuan  yang  sama  dengan  menerima masukan  dan menghasilkan keluaran dalam sebuah  proses transformasi  yang terorganisasi. Menurut  Mathiassen (2000,p9),  sistem adalah  komponen  yang mengimplementasikan  kebutuhan,   fungsi-fungsi  dan  tampilan   yang  telah dimodelkan.
Dari  teori-teori   yang  dikemukakan  di  atas,  maka  dapat  dikatakan   bahwa, sistem  merupakan   sekumpulan komponen   yang  saling  berhubungan, terintegrasi, dan  saling  bekerja   sama  untuk  mencapai  suatu   maksud  dan  tujuan   yang  sama melalui  proses transformasi yang terorganisasi. 

Pengertian lnformasi


Menurut O'Brien (2003,p13), informasi adalah data yang telah dikonversikan ke dalam suatu konteks yang berarti dan berguna bagi pengguna tertentu.
Informasi   adalah   data  yang  telah  diproses   atau  data  yang  memiliki   arti


(McLeod  200l,pl2).



Maka, dapat  dikatakan bahwa  informasi adalah  data yang  telah  diproses dan hasilnya merupakan  output  yang   disesuaikan  dengan   kebutuhan pengguna, dan menjadi sesuatu yang berarti atau berguna  bagi pengguna tertentu.
Karakteristik penting yang harus dimiliki  oleh informasi adalah:


    Relevansi


Jnformasi tersebut  berhubungan  dengan   keputusan  yang   akan   diambil dalam  usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    Akurat


lnformasi dapat diandalkan dan disajikan secara tepat


    Tepat  waktu


Informasi  harus   dapat   diterima   oleh   penerima, tidak   boleh   terlambat karena  informasi yang terlambat menjadi tidak bemilai.
    Kelengkapan


Informasi   harus    mampu    menyajikan   gambaran   lengkap    dari   suatu permasalahan atau penyelesaian.



Pengertian Sistem  lnformasi


Menurut O'Brien  (2003,p7), sistem  informasi   adalah  gabungan dari  orang­ orang,  perangkat keras,  piranti  lunak,  jaringan komunikasi, dan  sumber data  yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi  dalam sebuah  organisasi.
Dari  pengertian di atas,  dapat  dikatakan bahwa,  sistem  informasi terdiri  dari orang-orang, hardware,  software,  network,  dan  sumber-sumber yang  saling terintegrasi dan membentuk suatu jaringan  informasi dalam  sebuah  organisasi.

Sumber : Referensi Buku, dan Pengetahuan Perkuliahan


^^ Semoga Bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad