Post Top Ad

EL-TALK #1 : PUISI SUKMAWATI, PANTASKAH?


Assalammualaikum ^^
Hay semuanya, apakabar?

Beberapa hari yang lalu, warganet begitu dihebohkan dengan viralnya puisi tentang "Ibu Indonesia" yang ditulis dan di bacakan pada acara " 29 Tahun Anne Avantie Bekarya " 
Puisi nya seperti ini : 


"Ibu Indonesia" 

Aku tak tahu Syariat Islam
Yang kutahu sari konde ibu Indonesia sangatlah indah
Lebih cantik dari cadar dirimu

Gerai tekukan rambutnya suci
Sesuci kain pembungkus ujudmu
Rasa ciptanya sangatlah beraneka
Menyatu dengan kodrat alam sekitar
Jari jemarinya berbau getah hutan
Peluh tersentuh angin laut

Lihatlah ibu Indonesia
Saat penglihatanmu semakin asing
Supaya kau dapat mengingat
Kecantikan asli dari bangsamu
Jika kau ingin menjadi cantik, sehat, berbudi, dan kreatif
Selamat datang di duniaku, bumi Ibu Indonesia

Aku tak tahu syariat Islam
Yang kutahu suara kidung Ibu Indonesia, sangatlah elok
Lebih merdu dari alunan azan mu
Gemulai gerak tarinya adalah ibadah
Semurni irama puja kepada Illahi
Nafas doanya berpadu cipta


By : https://news.idntimes.com/indonesia/teatrika/puisi-sukmawati-soekarnoputri-bikin-heboh-teks-lengkap-1/full


Bagi saya, Konde dan Cadar itu bukan suatu hal yang dapat dibandingkan, sebab Cadar adalah kain penutup muka, ini bagian dari kesempurnaan dalam berhijab, dimana hijab itu Kewajiban dari Allah SWT Untuk seluruh Umat Muslim. Nah kalau Konde itu sanggul atau asesoris kepala, yang letaknya dikepala ya ibu sukma, bukan dimuka. Nah gimana doong kalau konde dimuka bu?? Lucu kan pastinya ibu... hihihi

Saya juga tau suara kidung ibu Indonesia sangat elok, se elok suara mama saya ^^ hehehe
Namun ibu sukma, Suara kidung yang elok itu tak dapat pula ibu bandingkan dengan Adzan!! 
Ketahuilah, Adzan bukan hanya soalan merdu atau tidak nya. Adzan adalah suatu Panggilan penyeru untuk melaksanakan Shalat. Ibadah yang Umat Muslim lakukan untuk mendekatkan diri kepada ALLAH SWT. Mau bagaimanapun suara seorang yang melantunkan Adzan itu menurut kami Umat Muslim sangatlah Indah dan Merdu, Jiwa kami bergetar setiap mendengarkan Adzan seraya ALLAH SWT memanggil untuk beribadah hanya kepadaNya.

Nah, saya mengerti ibu tak tau syariat islam. Tapi sebaiknya tidak membandingkan apapun itu mau puisi atau apapun dengan agama apapun, bukan saja Agama Islam. Karena agama tak bisa dipermainkan ibu sukma. Karena agama adalah kepercayaan masing masing individu yang hanya individu yang memeluk agama itulah yang mengerti dan memahaminya. Jika ibu ingin tau syariat islam, yuuk mari perdalam agama islam ibu, ibu bisa menemui guru guru besar islam, para Kyai dan Ustad/Ustadzah yang bisa mengajari ibu tentang Islam... Atau ibu lebih baik DIAM.


Dari Abu Hurairah Radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya
(HR. Bukhari no. 6018, Muslim no. 47)

Bagi saya, saling menghormati antar Agama sangat penting. Kita sebagai manusia pun pastinya tak pernah luput dari kesahalahan. Semoga apa yang kini sudah terjadi menjadi pembelajaran bagi kita semua dan agar tak terulangi kembali. Ketahuilah bahwa "Perbedaan itu suatu yang Indah jika kita saling menghargai dan menghormati"

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad